Ketua Dewan Redaksi
Dr. Farid, dr., Ir., SpOG(K), M.Kes., M.H.Kes.

Dewan Redaksi
- Prof. Hidayat Wijayanegara, dr., SpOG(K)
- Prof. Dr. Undang Santosa, Ir., M.S.
- Dr. Anita Deborah Anwar, dr., SpOG(K)
- Achmad Suardi, dr., SpOG(K), S.H., M.H.
- Ma'mun Sutisna, Drs., S.Sos., M.Pd.

Alamat Redaksi
Akademi Kebidanan Medika Obgin
Jl. P.H.H. Mustofa no.58 Bandung
Tel. / Fax. : 022-7200035 
e-mail : redaksi@jurnalpendidikanbidan.com
Facebook MySpace Twitter Google Bookmarks 
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENCANA TEMPAT PERSALINAN IBU HAMIL
DI DESA MEKARJAYA KECAMATAN ARJASARI KABUPATEN BANDUNG

Lia Amalia Solihatul Fajriah, Edwin Armawan, Didah

    Angka Kematian Ibu (AKI) telah menunjukkan penurunan dari waktu ke waktu, namun masih sangat tinggi. Untuk menanggulangi masalah tersebut maka Departemen Kesehatan menetapkan target 90 persen persalinan ditolong oleh tenaga medis dan diarahkan bersalin di fasilitas kesehatan. Di Desa Mekarjaya masih banyak persalinan yang dilakukan di rumah. Hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab kematian langsung akibat adanya keterlambatan untuk menangani komplikasi yang terjadi.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan tempat persalinan di Desa Mekarjaya Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional, menggunakan data primer dikumpulkan dengan metode survei menggunakan kuesioner yang disebarkan pada tanggal 14-15 Juli 2011 terhadap 54 ibu hamil.
Hasil penelitian ini didapatkan gambaran karakteristik ibu hamil yaitu berusia 20-35 tahun dan berpendidikan 7-9 tahun. Terdapat ibu hamil memiliki pengetahuan baik namun masih berencana melahirkan di rumah  14,29%, banyak ibu hamil yang memiliki akses mudah ke fasilitas kesehatan namun masih berencana bersalin di rumah  59,52%.
         Simpulan penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi perencanaan tempat persalinan ibu hamil terutama dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan pengetahuan.

Kata kunci:  Tempat persalinan, karakteristik, keputusan