Ketua Dewan Redaksi
Dr. Farid, dr., Ir., SpOG(K), M.Kes., M.H.Kes.

Dewan Redaksi
- Prof. Hidayat Wijayanegara, dr., SpOG(K)
- Prof. Dr. Undang Santosa, Ir., M.S.
- Dr. Anita Deborah Anwar, dr., SpOG(K)
- Achmad Suardi, dr., SpOG(K), S.H., M.H.
- Ma'mun Sutisna, Drs., S.Sos., M.Pd.

Alamat Redaksi
Akademi Kebidanan Medika Obgin
Jl. P.H.H. Mustofa no.58 Bandung
Tel. / Fax. : 022-7200035 
e-mail : redaksi@jurnalpendidikanbidan.com
Facebook MySpace Twitter Google Bookmarks 
GAMBARAN FAKTOR KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN PRIA MENGENAI METODE OPERASI PRIA (MOP)
DI DESA CISARANDI KECAMATAN WARUNGKONDANG KABUPATEN CIANJUR

Anita Nurhayati  Supyanti, Achmad Suardi, Febri Hartini JL

Pada tahun 2009 jumlah peserta Keluarga Berencana (KB) baru di Indonesia sebanyak 592.780 akseptor, sedangkan untuk peserta KB Metode Operasi Pria (MOP) hanya 255 (0,05%) akseptor. BKKBN Jawa Barat mencatat peserta KB steril/ MOP 12.892 orang. Menurut BKKBN Kabupaten Cianjur, di wilayah Kecamatan Warungkondang, Desa Cisarandi partisipasi pria dalam kontrasepsi terutama dalam MOP rendah.  
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor karakteristik dan pengetahuan pria mengenai MOP di Desa Cisarandi Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur.
 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Data yang diambil merupakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada pria yang sudah menikah di Desa Cisarandi pada Mei-Juli 2011.
Hasil penelitian ini adalah responden mayoritas berusia 40-49 tahun yaitu 60,64%, beragama Islam 95,74%, lama pendidikan antara 0-6 tahun 47,87%, bekerja 95,74%, memiliki 4 anak 35,11%, berpengetahuan kurang 60,64%, dan mendapatkan informasi dari tenaga kesehatan 3,2%.
Kesimpulan penelitian ini adalah partisipasi pria dalam metode kontrasepsi  MOP masih rendah karena pengetahuan pria tentang MOP masih kurang.

Kata kunci: karakteristik , MOP, pengetahuan.